Rabu, 18 Juni 2008

1.1 SEJARAH BERDIRINYA HOTEL SONGGORITI

Songgoriti dikenal sebagai obyek wisata pada abad ke-10 dengan adanya peninggalan kebudayaan dan peradaban candi Hindu.
Pada tahun 1984, perkembangan Songgoriti dimulai. Dibawah pengelolaan penduduk setempat, dengan kapasitas 4 buah kamar pemandian air panas, dimana sumber air panas tersebut dikenal dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.
Pada tahun 1955, dibangun lagi kamar, dari 4 kamar bertambah menjadi 8 kamar dengan system operasi 1 orang koordinator dan 4 orang pelaksana yang ditunjuk oleh aparat desa.
Pada tahun 1960, diadakan penambahan bangunan menjadi 4 buah kamar losmen. Dan pada tahun 1965 dikembangkan lagi menjadi hotel tetapi rencana tersebut gagal karena peristiwa G 30/S PKI.
Hotel Air Panas Alam Songgoriti dari tahun '60-'70 an mengalami perkembangan sehingga pada tahun 1971 diambil oleh PEMDA Malang yang pengolahannya dibawah pengawasan Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa. Dibawah pengolahan PD Jasa Yasa, hotel ini mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Pada tahun 1973 dari 8 kamar dibangun lagi gedung pertemuan. Selain itu losmen juga mengalami penambahan dari 4 buah menjadi 12 kamar dengan nama Mawar.
Dari tahun 1973-1976, pihak perusahaan Jasa Yasa menambah fasilitas kamar hotel 8 buah kamar dengan nama Anggrek, dibangun lagi sarana rekreasi bendungan (danau di depan Mawar dan Anggrek).
Pada tahun 1976-1979 perkembangan hotel ini makin pesatyakni dengan dibangunnya taman rekreasi, kolam renang, taman bermain anak-anak serta sebuah kantor receptionist. Dan 12 kamar yang diberi nama Teratai.
Pada tahun 1979-1991 perkembangan kamar hotel terus berlangsung yakni dengan dibangunya 8 kamar yang diberi nama Kenanga dan ditambah 8 losmen + 1 kamar.
Dengan semakin banyaknya hotel yang bermunculan, menimbulkan persaingan pihak PEMDA (Pemerintah Daerah) dan Swasta. Maka pada tanggal 1 Maret 1992 pihak PEMDA mengalami kesulitan pendanaan, sehingga pihak PEMDA menjalin kerjasama dengan PT Bumi Mas Songgoriti.
Bentuk badan usaha Hotel Air Panas Alam Songgoriti adalah Perusahaan Daerah (PD), sistem operasional hotel berada di bawah wewenang Pemerintah Kabupaten Malang dalam hal ini PD Jasa Yasa (berlokasi di Jl. Basuki Rahmat Malang).
Pada tahun 1992 sampai saat ini dalam kejayaannya telah menambah fasilitas 25 kamar cottage yang diberi nama Cempaka, 1 buah pasar dan renovasi fasilitas pendukung lainnya.



Fasilitas Kamar

Untuk tipe standard terdiri dari :
a) Tipe Mawar 12 kamar
b) Tipe Kenanga 8 kamar
c) Tipe Teratai 12 kamar
d) Tipe Anggrek 8 kamar

Sedangkan untuk tipe superior, terdiri dari :
a) Cempaka : 24 kamar
b) Wijaya Kusuma : 2 rumah dengan 4 kamar ( ruang tamu).

Tiap kamar dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, shower (air panas belerang dan dingin), bath tube, TV warna dengan saluran lokal dan luar negeri, telepon dan teras pribadi.



Fasilitas Hall

a) Hall Cemara : kapasitas 100-200 orang
b) Hall Akasia : kapasitas 100-200 orang
c) Tribune : kapasitas 75-100 orang
Fasilitas restoran adalah : Pinus Restoran dengan kapasitas 60-82 kursi.



Fasilitas Penunjang

1) Spa dengan air panas alam dari dalam tanah, yang kaya dengan kandungan sulfur dan
mineral yang bermanfaat.
2) Kolam renang yang dilangkapi dengan bar dan gemerlap lampu.
3) Dua lapangan tenis, taman bermain anak-anak dan area jogging.
4) Ruang rapat.
5) Kolam pemancingan.
6) Pasar sayur, buah-buahan dan peralatan dapur tradisional.

8 komentar:

Unknown mengatakan...

mungkin akan lebih jelas lagi jika ditampilkan foto kamar sesuai kelas tarif yang ditawarkan.sehingga kami pembaca bisa menjatuhkan pilihan. Jangan sampai harapan tidak sesuai dengan reality... Liburan jadi Bete-khan??

bundanya rianti mengatakan...

setujuuuu.... gambarnya sesuai kamar2nya donx,,,, jangan cuma yang termahal ajah... karena yang terbaik... oiya, no yang bs di hub mana? knp ak tidak menemukan ya?? makasih...

Unknown mengatakan...

bagaimana cara booking kamarnya?
kok g ada no telp yg bisa dihubungi?

rockynata mengatakan...

adik saya dari Kalimantan rencana Lebaran cari hotel, dan saya sarankan di Hotel Songgoriti (saya dah sering menginap di sini), namun adik saya ingin melihat detil kamar dari type 2x yg. ada , sedangkan tidak tersedia gambar yg. diinginkan, kalo bisa ditampilkan gambarnya, agar orang bisa lebih mengenal Hotel yg. bersejarah ini. terimakasih

Novy Writer mengatakan...

bersebelahan dengan villa nova.. info di http://novavilla.wordpress.com/

Unknown mengatakan...

sy di akhir thn berencana mau berlibur ke batu malang..dan rencana sya akn mencari hotel di daerah songoriti karena kbetulan pacar saya tak jauh..dri situ mho..gambar kamar hotel di tampilkan..sesui tarif masing.2 kmar sehingga sya bisa menentukan pilihanya dengan tepat trimakasih

Novy Writer mengatakan...


Reservasi :
WRITE ...... Villa Reservasi – Ziarah Pesantren – Fiksi Opini Artikel – Blog (Web) – Tour Package – Umroh & Haji Plus
FB & Twitter : Novy E.R. ( @NovyWriter )

ENJOY YOUR HOLIDAY TO MALANG RAYA

ADA VILLA MILIK KELUARGA MUSLIM UNTUK KELUARGA BAIK-BAIK DISEWAKAN (MURAH & SEDERHANA) DI BATU MALANG

Assalamu’alaikum ……

Bersama Novy E.R. penulis banyak blog yang siap membantu Anda dalam hal jasa persewaan untuk liburan keluarga Anda, VILLA SEDERHANA UNTUK KELUARGA BESAR ANDA dengan HOTLINE 24 JAM :
simPATI 081 233 68731
Flexi 0341 7695 333
XL 081 945 723 539
IM3 085 755 602 729
BBM 2A22D418
(NO SERVE SMS)..
Maaf, Yang Serius So Pasti Tidak SMS, akan tetapi langsung menelpon.

Web Publikasi : http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/
Blog Wisata Malang Raya : http://novavilla.wordpress.com/
Foto Lengkap Villa : http://www.facebook.com/VillaNovaDisewakan

Keterangan Singkat Promo Villa Murah Sederhana , Nyaman, Strategis :

1. tanpa kolam renang atau Villa dengan kolam renang.
2. bisa untuk keluarga kecil atau rombongan.
3. Villa Nova type A- G ada 17 kamar 19 bed,reputasi baik, lokasi strategis tepi jalan raya dan tidak dekat kandang hewan, depan pasar wisata, 7 TV dengan 7 reserve parabola, 5 DVD player untuk karaoke bersama rekan-rekan / keluarga, AIR PANAS, 6 dapur, halaman cukup luas, ada play ground mini, MUSHOLLA MINI lengkap dengan Al Qur’an dan alat sholat.
4. Villa Hijau (dengan kolam renang dan taman) juga berlokasi di tepi jalan rayua kawasan wisata, 6 kamar 5 kamar mandi, TV, VCD, kulkas
5. Lain-lain silahkan kunjungi blog dan facebook kami ya….

Writer And Tourism by NOVY E.R. :

Menyediakan wisata oleh-oleh khas SARI APEL DAN JAMBU JAWARA serta Air Mineral JAWARA

KONTAK RESERVASI :
Mrs. NOVY E.R.
Twitter : @NovyWriter

FIGHT AGAINST DRUGS ................. FOREVER ....!!!!!!!!!

PERHATIAN !!! ===> Jadikan Sebuah Buku “MERAH PUTIHNYA CINTA” Teman Dalam Perjalanan Anda
Tidak ada salahnya bila dalam berwisata menyiapkan perbekalan yang hendak dibawa dan salah satunya adalah sebuah buku yang asyik dibaca saat santai atau rekreasi. Apalagi bila mengaku Cinta Indonesia, …. Ayo segera beli dengan judul MERAH PUTIHNYA CINTA. Ada di Gramedia, Togamas atau toko buku terdekat di kota Anda dengan harga murah. Membeli bukunya sekaligus menyayangi kaum dhuafa karena sebagian hasil penjualan dari buku akan disumbangkan. Segera beli ya ...Special THANKS buat yang beli ... 

Anonim mengatakan...

Harga hotel songgoriti air panas alam per januari 2016 sudah berubah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di hotelsonggoritiairpanas.blogspot.co.id.